Kamis, 26 Juli 2012

Tabel Periodik Modern

a.       Tabel Periodik Mendeleev
Mendellev menemukan jika usur disusun menurut massa atom yang meningkat, maka unsur dengan sifat sifat yang sama akan tersusun secara periodik. Mendeleev mereaksikan beberapa unsur dengan gas klor. Hasilnya adalah senyawa yang larut dalam air , dengan rumus MCl. Fakta yang sama ditunjukkan oleh unsur Be, Mg, Ca, dan Sr yang membentuk senyawa BeCl2, MgCl2, CaCl2 dan SrCl2
Mengacu pada sifat sifat unsur, Mendellev menyusun unsur unsur menggunakan kartu yang jumlahnya sama dengan jumlah unsur yang saat itu diketahui. Setiap kartu bertuliskan sifat sifat unsur dan berat atom. Ia menemukan pengulangan sifat unsur dalam daftar unsurnya. Mendellev mengelompokkan unsur unsur tersebut dalam beberapa baris. Unsur unsur yang terletak dalam kolom yang sama meiliki sifat mirip.

b.      Tabel Periodik Meyer
Lothar meyer menyusun tabel periodik yang hampir mirip dengan tabel periodik yang disusun oleh Mendellev.Meyer menempatkan unsur unsur dengan valensi yang sama dalam satu kolom. Gagasan Meyer lebih sederhana dibandingkan tabel periodik Mendellev. Sayangnya meyer baru mempublikasikan pada tahun 1870.

c.       Pengelompokan Unsur Cara Moseley
Pada Tahun 1909 dan 1911, Rutherford berhasil menemukan salah satu partikel dasar penyusun atom yaitu proton dan inti atom. Berdasarkan penemuan Rutherford, Henry Moseley meneliti spektrum sinar X dan hubunganya dengan jumlah muatan listrik menggunakan spektroskopi sinar X.Lalu memplotkan frekuensi sinar X dengan dan kenaikan nomor atom.Hasilnya berupa garis lurus yang menunjukkan hubungan antara nomor atom dan sifat atom secara periodik. Kemudian, Moseley menyusun unsur tersebut berdasarkan kenaikan nomor atom dalam bentuk tabel periodik.
d.      Pengelompokan Unsur Cara Seaborg
Pada tahun 1940, Glenn Seaborg berhasil menemukan unsur transuranium yaitu unsur dengan nomor atom 94-102. Akan tetapi timbul masalah mengenai penempatan unsur unsur transuranium dalam tabel periodik.Masalah itu dapat terpecahkan dengan cara membuat baris baru sehingga tabel periodik Moseley berubah.Tabel ini disusun atas 7 periode dan 18 kolom.
Berdasarkan tabel periodik modern unsur unsur dikelompokkan kedalam golongan utanma (IA – VIII A) dan golongan transisi (IB - VIIIB)
Ada 2 baris unsur yang diletakkan tepat dinawah tabel.Unsur unsur itu dikenal dengan unsur transisi bagian dalam.Tabel inilah sampai saat ini yang dianggap paling benar dan sering kita kenal dengan tabel SIstim periodik Unsur.

0 komentar:

Poskan Komentar